Rumah Sakit Mekarsari Bekasi

 
Asal Mula Rumah Sakit dalam Sejarah Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kemajuan bidang medis memicu perkembangan lebih jauh. Tak melulu karya dan pemikiran yang berserak. Namun, pada akhirnya muncul sebuah institusi berupa rumah sakit. Keberadaan rumah sakit selain berfungsi sebagai pusat pelayanan kesehatan juga menjadi sentra pengembangan ilmu medis.
Rumah sakit yang representatif paling awal dibangun di Baghdad, Irak pada masa pemerintahan Dinasti Abbasiyah. Tepatnya, ketika Harun al-Rasyid (786809) menjadi khalifah. Rumah sakit dikenal dengan sebutan bimaristan atau maristan. Bangunan rumah sakit di Baghdad besar dan megah.
Rancang bangunnya menjadi acuan bagi rumah sakit lainnya yang baru didirikan di wilayah Islam. Gambaran mengenai rumah sakit di Baghdad disampaikan oleh sejarawan Muslim terkemuka al-Jubair. Ia mengunjungi Baghdad pada 1184 Masehi. Menurutnya, perlengkapan rumah sakit sangat memadai.
Bahkan ia mengungkapkan, kemegahannya tak kalah dengan istana khalifah. Kebutuhan air bersih di rumah sakit disalurkan langsung dari Sungai Tigris. Pada masa selanjutnya, umat Islam membangun sejumlah rumah sakit besar dan terintegrasi. Maksudnya, rumah sakit itu mampu memberi pelayanan pengobatan beragam jenis penyakit.
Selain itu, terdapat fasilitas rawat inap, ruang penyimpanan dan pelayanan obatobatan, tempat pendidikan bagi dokter dan tenaga medis, perpustakaan, bahkan menjadi pusat pengembangan ilmu serta praktik kedokteran. Sebagian besar rumah sakit Islam berkonsep modern sudah memiliki standar semacam ini.

Oleh karena itu, rancang bangun dan tata letak ruangan rumah sakit menjadi penting untuk dapat mengakomodasi seluruh fungsi tadi. Beberapa ruangan khusus melengkapi sarana yang ada. Hal itu diungkapkan dalam buku History of the Arabs. Si penulis buku, Philip K Hitti, menyebut rumah sakit Islam mempunyai ruangan khusus perempuan.
Berdiri pula gudang obat yang menyatu dengan bangunan rumah sakit. "Beberapa di antaranya dilengkapi perpustakaan kedokteran. Rumah sakit juga menawarkan kursus pengobatan," urai Hitti. Gambaran yang hampir sama tercantum dalam artikel berjudul "Islamic Culture and the Medical Arts" pada laman National Library of Medicine.
Artikel tersebut menggambarkan, rumah sakit yang didirikan umat Islam di Suriah maupun Mesir sepanjang abad ke-12 dan ke-13 juga memiliki setidaknya empat bangsal besar. Ruangan lain berukuran tidak terlampau luas, seperti ruang untuk dapur, gudang, apotek, tempat istirahat staf, dan perpustakaan.
Sekilas Rumah Sakit  Mekar  Sari  Bekasi
Sejarah singkat Rumah Sakit Mekar Sari
                Rumah Sakit Mekar Sari adalah rumah sakit tipe C  berlokasi di Jl. Mekar Sari No.1 Bekasi, Jawa Brata. Diresmikan pada tanggal 9 Februari 1977 Oleh Ibu Tien Soeharto (alm) atas prakarsa Ibu-ibu Yayasan Mekar Sari dibawah pimpinan Ibu Hj. Nelly Adam Malik ( alm). Pada awal berdirinya RS. Mekar Sari baru mempunyai 36 tempat tidur dan masih beroperasi sebagai Rumah Sakit Bersalin. Tetapi kemudian sesuai dengan kebutuhan masyarakat Bekasi pada saat itu maka pada tahun 1979, RS. Mekar Sari berubah fungsinya sebagai Rumah Sakit Umum
Seiring perkembangan zaman dibangunlah berturut-turut Kamar Operasi yang lebih memadai dari sebelumnya (1989). Gedung berlantai 4 ( 1996 – baru beroperasi 2 lantai) untuk Ruang rawat inap VIP dan kalas I anak dan dewasa, Unit Gawat Darurat sejak tahun 1999 dan telah renovasi pada tahun 2008, Intensive Care Unit (ICU, 2002  dengan 2 tt pada tahun 2010 telah di tingkatkan menjadi 6 tt.Saat ini RS. Mekar Sari telah memiliki 106 tempat tidur dengan kelas perawatan yaitu :
·         Perawatan Mawar                           =             14  tt     
·         Perawatan Melati                            =             19  tt     
·         Perawatan Kenanga                       =             36  tt     
·         Perawatan Anyelir                           =             9   tt     
·         Perawatan Anggrek                        =             11  tt    
·         Perawatan Flamboyan                   =               6  tt     
·         Perawatan Isolasi Anak                 =               4  tt     
·         Perawatan ICU                                  =               6  tt     
·         Perawatan Ruang Perina              =               1  tt

Predikat dan Penghargaan Rumah Sakit Mekar Sari
RS. Mekar Sari mendukung sepenuhnya pemberian ASI pada bayi baru lahir sehingga mendapatkan sertifikasi dari WHO sebagai Rumah Sakit “ Sayang Bayi” (Baby Friendly) pada tahun 1995. Dan pada tahun 1999 RS. Mekar Sari memperoleh penghargaan Walikota Bekasi sebagai pengelola RS. Sayang Ibu Terbaik ditingkat Kota Bekasi dalam rangka upaya ikut menurunkan Angka Kematian Ibu di Bekasi.
RS. Mekar Sari telah mendapatkan Akreditasi Penuh pada tahun 2001 untuk lima pelayanan dasar . yaitu Administrasi dan Manajemen, Pelayanan Medis, Pelayanan Gawat Darurat, Pelayanan Keperawatan, Rekam Medik dan sekarang sedang mempersiapkan Akreditas tahap kedua untuk 12 pelayanan




Fasilitas Rumah Sakit Mekar Sari

Sarana Penunjang :

-          Apotik 24 Jam                        
-          Ultrasonografi ( USG )
-          Laboratorium 24 Jam             
-          Radiologi 24 Jam           
-          Ambulans 24 Jam                   
-          Elektrokardiografi   ( Rekam Jantung ).
-          I C U                                         
-          Kamar Bedah                         
-          Rekam Medis                              
-          Kamar Bersalin                      
-          Rehabilitasi Medik
-          Ruang Perawatan 100 tt        
-          ATM 24 jAM 
Jumlah Tenaga Medis Rumah Sakit Mekar Sari
-          Dokter  Umum tetap   4
-          Dokter Umum tamu    9
-          Dokter  Gigi tetap       2
-          Dokter  Gigi Tamu      2
Sub.Spesialis1
Spesialis Orthodonti               1
Spesialis Anak                         2
Spesialis Penyakit Dalam        3
Spesialis Obgyn                     




Axact

KAOS DISTRO

Kami adalah produsen KAOS DISTRO, KAOS DAKWAH yang sudah terkenal di Indonesia, jika anda ingin membeli atau hanya ingin melihat koleksi kaos dari kami silakan kunjungi website kami ghirah.com dan www.kaosdistro.web.id.

Post A Comment:

0 comments: